Rabu, 25 November 2009

Academia

Sekolah di athena yang didirikan oleh Plato (327-447 seb.mash) murid socrates, seorang ahli filsafat yang meninggal pada th.399 seb msh.

Pada awalnya, academia merupakan sekumpulan orang-orang yang memuja "Dewa-dewa Musa" (bukan nabi Musa) yaitu dewa nyayian sajak dan sastra yang meliputi seni dan ilmu (Scientia). Dewa-dewa yang mereka puja itu bernama: Calliope, Clio, Eratu, Euterpe, Melpomene, Polymnia,Terpsichore, Thalia, dan Urania.

Kumpulan orang-orang itulah yang menjadi awal dari sekolah Filsafat yang didirikan oleh Plato pada thn. 387 seb mash. Pertemuan Plato dengan murid-muridnya itu diadakan di sebuah taman jauh dari kota athena, yang diabadikan untuk menghormati seorang pahlawan Yunani dalam perang Troia(sekitar th. 1250 seb mash) bernama Academos.
Ditempat itu, Plato mengajar Filsafat. Di kemudian hari, tempat itu dinamakan Academia. Nama dan model academia tersebut berkembang di mana-mana dan meliputi berbagai bidang ilmu. Thn 387 seb mash itu merupakan awl Universitas yang pertama-- dalam perkembangan academia, pengaruh dari Bangsawan, rohaniawan, dan sastrawan menjadi sangat besar. Untuk membedakan diri dari kelompok-kelompok lain, mereka kemudian menciptakan pakaian yang berbentuk toga. Pakaian itu menjadi lambang akademis. Yang pertama memakainya adalah kaum rohaniawan, pakaian itu kemudian juga dipakai di Universitas Oxford dan Cambridge.
Pada musim dingin, ada penambahan aksesori hood, semacam kerudung penutup leher dan kepala.
Di Havard, Toga dipakai Thn. 1636, sedangkan di Oxford kerudung kepala itu dihiasi kuncir berumbai

Tidak ada komentar: